Article Detail

Zona Pembelajar (7): Variabel Strategi Belajar-Mengajar

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi belajar-mengajar ialah tujuan, bahan pelajaran, alat dan sumber, siswa dan guru.
  2. Menurut Robert M. Gagne, hasil-hasil belajar yang membawa implikasi terhadap penggunaan strategi belajar mengajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
    1. Keterampilan intelektual dengan tahapan-tahapannya:

1)      Diskriminasi (mengenai benda konkret)

2)      Konsep konkret (mengenal sifat-sifat benda/objek konkret)

  1. Strategi kognitif (kemampuan memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir)
  2. Informasi verbal (kemampuan menyimpan nama/label, fakta, dan pengetahuan di dalam ingatan)
  3. Keterampilan motorik (kemampuan melakukan kegiatan-kegiatan fisik)
  4. Sikap (kemampuan menampilkan perilaku yang bermuatan nilai-nilai)
  5. Yang perlu dipertimbangkan dari faktor siswa di dalam menggunakan strategi belajar-mengajar, seperti perbedaan setiapsiswa.
  6. Dari faktor alat dan sumber yang perlu dipertimbangkan ialah jumlah dan ciri alat/sumber pelajaran
  7. Dari faktor guru yang akan mempengaruhi penggunaan strategi belajar mengajar ialah kemampuan menguasai bahan pelajaran dan kemampuan membelajarkan siswa.

Sumber: Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment