Article Detail
Kiat-Kiat Mengajar Efektif yang harus Dimiliki Guru
Mengajar merupakan tugas yang sangat kompleks. Menurut Arends (dalam kardi dan Nur, 2006), menjadi guru yang berhasil memerlukan sifat-sifat sebagai berikut.
- Guru yang berhasil memiliki kualitas pribadi yang memungkinkan ia mengembangkan hubungan kemanusiaan yang tulus dengan siswa, orang tua, dan kolega-koleganya.
- Guru yang berhasil mempunyai sikap yang positif terhadap ilmu pengetahuan. Mereka menguasai dasar-dasar pengetahuan tentang belajar dan mengajar; menguasai pengetahuan tentang perkembangan manusia dan cara belajar; dan menguasai pengajaran dan pengelolaan kelas.
- Guru yang berhasil menguasai sejumlah keterampilan mengajar yang telah dikenal di dunia pendidikan untuk mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar.
- Guru yang berhasil memiliki sikap dan keterampilan yang mendorong siswa untuk berpikir reflektif dan mampu memecahkan masalah. Mereka memahami bahwa belajar pengelolaan pembelajaran yang baik merupakan proses yang amat panjang sama halnya profesi lain, yang memerlukan belajar dan interaksi secara berkelanjutan dengan kolega seprofesi.
Dryden dan Vos (2000:296) secara khusus menyarankan kepada guru agar menggunakan enam kiat mengajar dengan efektif apabila mengharapkan hasil belajar siswa secara maksimal. Keenam kiat mengajar dengan efektif di kelas sebagai berikut.
- 1. Ciptakan Kondisi yang Benar
(1) Orkestrakan lingkungan
(2) Ciptakan suasana positif bagi guru dan murid
(3) Kukuhkan, jangkarkan, dan fokuskan
(4) Tentukan hasil dan sasaran
(5) Visualisasikan tujuan anda
(6) Anggaplah kesalahan sebagai umpan balik
(7) Pasanglah poster di sekeliling dinding
- 2. Presentasikan dengan benar
(1) Dapatkan gambar menyeluruh dahulu, termasuk perjalanan lapangan
(2) Gunakan semua gaya belajar dan semua ragam kecerdasan
(3) Gambarlah, buatlah pemetaan pikiran, dan visualisasikan
(4) Gunakan konser music aktif dan pasif
- 3. Pikirkan
(1) Berpikirlah kreatif
(2) Berpikirlah kritis, konseptual, analitis, dan reflektif
(3) Lakukan pemecahan masalah secara kreatif
(4) Gunakan teknik memori tingkat tinggi untuk menyimpan informasi secara permanen
(5) Berpikirlah tentang pikiran Anda
- 4. Gunakan
Ciptakan permainan, lakon pendek, diskusi, sandiwara untuk melayani semua gaya belajar dan semua ragam kecerdasan.
- 5. Praktikkan
(1) Gunakan di luar sekolah
(2) Lakukan
(3) Ubahlah murid menjadi guru
(4) Kombinasikan dengan pengetahuan yang sudah anda miliki
- 6. Tinjau, Evaluasi, dan rayakan
(1) Sadarilah apa yang anda ketahui
(2) Evaluasilah diri/teman/dan siswa anda
(3) Lakukan evaluasi berkelanjutan
Kiat di atas dibuktikan dan diramu menjadi formula yang efektif dalam pembelajaran di kelas melalui konsep Quantum Learning (Bobbi de Porter, 2000) dan revolusi Cara Belajar (Dryden dan Vos, 2000). Guru menjadi orang yang kaya metode pembelajaran dan mampu menerapakan kapan, dimana, bagaimana, dan dengan siapa diterapkan metode tersebut.
Sumber Bacaan:
De Porter, Bobbi dkk. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa
Dryden, Gordon dan Vos, Jeanette. Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.
Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang
-
there are no comments yet