Article Detail

Yuk…Belajar Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Inovatif!

      Teknik pembelajaran isi paragraf bertujuan agar siswa dapat mengisi beberapa kalimat buatan sendiri ke dalam tempat yang kosong dalam sebuah paragraf (di tengah paragraf sengaja dikosongkan). Alat yang dibutuhkan adalah fotokopi paragraf yang dikosongi kalimat-kalimatnya (upayakan yang kosong di tengah paragraf). Teknik ini dapat dilaksanakan secara perorangan maupun kelompok.

Cara penerapan: Guru memberikan pengantar tentang cara melaksanakan aktivitas pembelajaran, Guru memberikan potongan paragraf kepada siswa, Siswa mulai mengisi tengah paragraf dengan kalimat buatan sesuai dengan waktu yang disediakan oleh guru, Siswa menyerahkan paragraf yang telah diisi kepada guru, Guru menyerahkan paragraf yang telah diisi kepada siswa lain untuk dikomentari, Guru merefleksikan pembelajaran.

Dalam pelaksanaan teknik ini, siswa diberi kebebasan untuk mengisi kalimat ke dalam paragraf sesuai dengan keinginan siswa. Kegiatan dapat diulang-ulang dengan fotokopi paragraf yang berbeda-beda. Untuk tahap awal setiap siswa  menerima 1 paragraf. Tahap berikutnya tiap siswa dapat menerima 3-5 paragraf untuk diubahnya.

Teknik pembelajaran menyelesaikan paragraf bertujuan agar siswa dapat menyelesaikan paragraf. Alat yang dibutuhkan adalah fotokopi paragraf yang belum selesai (belum lengkap). Teknik ini dapat dilaksanakan secara perorangan maupun kelompok.

Cara penerapan: Guru  memberikan pengantar tentang cara melaksan aktivitas pembelajaran, Guru  fotokopi lembar paragraf yang belum selesai kepada siswa, Siswa mulai menyelesaikan paragraf dengan kalimat buatan sendiri sesuai dengan waktu yang disediakan oleh guru, Siswa menyerahkan paragraf yang telah diselesaikannya kepada guru, Guru menyerahkan paragraf yang telah diselesaikan kepada siswa lain untuk dikomentari, Guru merefleksikan pembelajaran hari ini.

Dalam pelaksanaan teknik ini, siswa diberi kebebasan untuk menyelesaikan paragraf sesuai dengan keinginan siswa. Kegiatan dapat diulang-ulang dengan fotokopi paragraf yang berbeda-beda. Untuk tahap awal setiap siswa hanya menerima 1 paragraf. Tahap berikutnya tiap siswa dapat menerima 3-5 paragraf untuk diubahnya.

 

Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment