Article Detail

Yuk…Belajar Metode Pembelajaran Mendengarkan Lagu dan Iklan yang Inovatif!

Mendengarkan lagu

Tujuan dari metode pembelajaran ini adalah siswa dapat memahami dan memaknai teks yang dinyanyikan dengan cermat, cepat, dan tepat. Siswa mendengarkan lagu yang diputar sambil memahami makna lagu tersebut.

Alat yang digunakan: VCD Player, CD lagu, teks lagu.

Kegiatan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.

Cara pelaksanaan:

  1. Guru memberikan pengantar singkat tentang pelaksanaan pembelajaran
  2. Putarkanlah lagu yang disukai siswa saat itu sambil di papan ditempel teks lagu
  3. Ajaklah siswa untuk ikut bernyanyi
  4. Tanpa music, berilah siswa kesempatan untuk menyanyikan berdasarkan teks lagu yang ditempel di papan
  5. Siswa secara berkelompok mengidentifikasikan teks lagu berdasarkan tempat, pelaku (siapa dengan  siapa), waktu, tentang apa, mengapa, bagaimana, dan bermakna apa
  6. Siswa mendiskusikan hasil identifikasi ke dalam kelompok
  7. Siswa melaporkan hasil diskusi tersebut di depan kelas
  8. Siswa dan guru menyimpulkan dan merefleksikan pembelajaran

Mendengarkan Iklan

Tujuan metode pembelajaran ini adalah siswa dapat memilih iklan yang mereka senangi berdasarkan pemahaman teks iklan TV atau radio dengan cermat, cepat, dan tepat. Siswa mendengarkan teks iklan yang diputar sambil memahami initi pesan iklan tersebut.

Alat yang digunakan: VCD Player, CD yang berisi iklan, dan TV.

Kegiatan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok

Cara pelaksanaan:                                                                 

  1. Guru memberi pengantar singkat tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan
  2. Putarkan rekaman iklan radio atau TV
  3. Ajaklah siswa untuk ikut menirukan iklan tersebut
  4. Tanpa music, berilah siswa kesempatan untuk melagukan berdasarkan teks iklan yang telah disimaknya
  5. Siswa secara berkelompok mengidentifikasikan iklan radio atau TV berdasarkan tempat, pelaku, waktu, tentang apa, mengapa, bagaimana, dan bermakna apa
  6. Siswa mendiskusikan hasil identifikasi dalam kelompok
  7. Siswa melaporkan hasil diskusi tersebut di depan kelas dan kelompok memberikan penilaian
  8. Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran

Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment