Article Detail

Yuk… Belajar Metode Pembelajaran Menulis Cerita yang Inovatif

1.       Metode “Awali Cerita”

Tujuan metode ini adalah siswa dapat membuat sebuah awalan (paragraph pertama) cerita yang sudah ada dengan benar dan runtut berdasarkan isi cerita yang sudah ada. Siswa membuat awalan cerita yang telah dikosongkan sehingga dapat terangkai dengan cerita yang sudah ada. Siswa diberi lembar cerita yang awalannya telah dipotong satu paragraf. Secara individu siswa mengisi awalan dari sebuah cerita tersebut.

Alat yang diperlukan: Fotokopi lembar cerita yang awal ceritanya dihilangkan, alat tulis menulis.

Kegiatan dapat dilakukan secra perorangan maupun kelompok

Cara menerapkan:

(1)    Guru memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan pembelajaran

(2)    Guru membagikan lembar cerita yang paragraph pertamanya sudah dibuang kepada masing-masing siswa (kelompok)

(3)    Siswa mengidentifikasi lembar cerita yang diterima

(4)    Siswa membuat satu paragraph untuk paragraph pertama atau awalan cerita yang sudah ada isi ceritanya

(5)    Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas

(6)    Siswa yang lain memberikan tanggapan dari hasil presentasi temannya

(7)    Guru merefleksikan hasil pembelajaran

 

2.       Metode “Akhiri Cerita”

Tujuan dari metode ini adalah siswa dapat mengakhiri cerita dengan benar dan runtut berdasarkan isi cerita yang sudah ada. Siswa mengakhiri sebuah cerita yang endingnya tidak ada atau telah dipotong. Dengan bahasa sendiri, siswa mengakhiri cerita. Siswa diberi lembar cerita yang akhir atau ending dari cerita telah dipotong 1 atau 2 paragraf. Secara individu siswa menulis akhir cerita tersebut.

Alat yang diperlukan: Fotokopi lembar cerita yang ending ceritanya dihilangkan, alat tulis menulis.

Kegiatan dapat dilakukan secara perorangan.

Cara menerapkan:

(1)    Guru memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan pembelajaran

(2)    Guru membagikan lembar cerita yang paragraph akhir sudah dihilangkan kepada masing-masing siswa

(3)    Siswa mengidentifikasi lembar cerita yang diterimanya

(4)    Siswa membuat ending dari sebuah cerita yang sudah ada isi ceritanya

(5)    Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas

(6)    Siswa yang lain memberikan tanggapan dari hasil presentasi temannya

(7)    Guru merefleksikan hasil pembelajaran

 

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment