Article Detail

Yuk.... Belajar Metode Pembelajaran Pidato yang Inovatif!

Pidato Tanpa Teks Tujuan dari metode ini adalah siswa mampu berpidato dengan lancer tanpa menggunakan teks. Siswa secara bergantian melakukan pidato di depan kelompok lain dengan tema sesuai ide mereka. Dalam waktu yang ditentukan, siswa melakukan pidato secara bergantian sesuai waktu yang telah disediakan. Tugas siswa yang sudah atau belum berpidato melakukan pengamatan dan penilaian pada setiap siswa yang sedang brpidato, mengenai kelebihan dan kekurangannya. Alat yang digunakan: Alat tulis menulis. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Cara menerapkan: (1) Guru memberikan gambaran singkat tentang cara pelaksanaan pembelajaran. (2) Siswa membuat peta pikiran (3) Siswa mengidentifikasikan butir peta pikiran yang dibuat (4) Siswa berpidato dengan peta pikiran yang dibuatnya di depan kelompok lain selama 10 menit. (Jika ada 50 siswa, siapkan 10 kelompok per kelompok 5 orang). Tiap orang berpidato selama 10 menit di hadapan kelompok lain. (5) Siswa di kelompok lain tersebut juga memberikan penilaian. Dengan begitu, waktu yang disediakan hanya 10x5, yakni 50 menit untuk semua siswa (6) Siswa yang terbaik menurut penilaian kelompok diberi kesempatan berpidato di depan kelompok besar/kelas. (7) Guru merefleksikan pembelajaran. 2. Pidato dengan Teks Tujuan dari metode ini adalah siswa mampu berpidato dengan menggunakan teks. Siswa secara bergantian melakukan pidato dengan teks di depan kelompok lain. Tugas siswa yang sudah atau belum berpidato melakukan pengamatan dan penilaian pada setiap siswa yang sedang brpidato, mengenai kelebihan dan kekurangannya. Alat yang digunakan: Alat tulis menulis dan teks pidato Kegiatan ini dilakukan secara brkelompok. Cara Menerapkan: (1) Guru memberikan gambaran singkat tentang cara pelaksanan pembelajaran (2) Siswa membuat teks pidato sesuai dengan peta pikiran (3) Siswa brpidato dengan teks yang dibuatnya di depan kelompok lain selama 10 menit (jika ada 50 siswa, siapkan 10 kelompok perkelompok 5 orang. Tiap orang brpidato selama 10 menit) di hadapan kelompok lain (4) Siswa di kelompok lain tersebut memberikan penilaian (5) Siswa yang terbaik menurut penilaian kelompok diberi kesempatan berpidato di depan kelompok besar/kelas (6) Guru merefleksikan pembelajaran. Paulus Budi Winarto Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment