Article Detail
Yuk... Mengenal Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)
Model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM)ini masih sangat cocok untuk kurikulum baru tahun 2013, yang senantiasa berorientasi pada aktivitas siswa. Model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan juga berorientasi pada proses dan tujuan. Orientasi proses dalam model pembelajaran ini berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kemandirian dan tanggung jawab dibina sejak awal. Kebersamaan dan bekerja sama untuk mengasah emosional. Persaingan yang sehat ditumbuhkan dengan saling menghargai satu sama lain serta menumbuhkan sikap kepemimpinan. Orientasi tujuannya adalah agar anak belajar lebih mendalam, anak lebih kritis dan kreatif, suasana belajar menjadi bervariasi serta meningkatkan kematangan emosional. Tidak kalah pentingnya anak siap menghadapi perubahan dan berpartisipasi dalam proses perubahan.
Tetapi tampaknya untuk memaknai aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan masih terlalu abstrak. Banyak guru masih kabur dengan ini. Sebebenarnya makna ini masih perlu dikembangkan lagi sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. Untuk sedikit memberi gambaran mengenai makna aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, berikut ini akan diuraiakan makna tersebut.
- 1. Aktif
1) Selalu mencoba
2) Tidak ingin menjadi penonton
3) Memanfaatkan modalitas belajar (visual, auditorial, atau kinestetik)
4) Penuh perhatian dalam setiap proses pembelajaran
- 2. Kreatif
1) Menginginkan adanya perubahan yang baru
2) Ingin mengadakan inovasi
3) Mempunyai banyak cara untuk melakukan sesuatu
4) Tidak cepat putus asa
5) Tidak mudah puas dengan hasil kerjanya an selalu ingin berbuat terus
6) Menumbuhkan motivasi, percaya diri dan kritis
7) Mempunyai banyak cara
- 3. Efektif
1) Memanfaatkan alat peraga yang ada di sekitar
2) Diajak ke sumber belajar, melakukan observasi
3) Memanfaatkan waktu yang ada
4) Membuat rangkuman yang tepat
5) Mengoptimalkan pancaindra
6) Mengatur strategi pembelajaran
- 4. Menyenangkan
1) Penampilan guru yang menarik
2) Suasana belajar tidak searah
3) Kaya dengan metode
4) Desain kelas yang tidak membosankan
5) Belajar sambil bermain dan bernyanyi
6) Hasil belajar anak dipajang di kelas
7) Iekatkan kealam nyata
8) Ada penghargaan bagi yang berprestasi
Sumber Bacaan : Sulhan, Najib, Drs.MA. 2010. Pembangunan Karakter Pada Anak. Surabaya. Penerbit SIC
Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang
-
there are no comments yet