Article Detail
Tiga Fase Observasi dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tiga fase esensial dalam mengobservasi kelas adalah pertemuan perencanaan, observasi kelas, dan diskusi balikan. Dalam pertemuan perencanaan pihak guru yang menyajikan dan pihak pengamat mendiskusikan rencana pembelajaran. Yang perlu didiskusikan adalah bagaimana penyajian langkah-langkah pembelajaran dilakukan dan bagaimana pengamat akan mulai dengan pengumpulan data melalui observasi dilakukan. Pengumpulan data objektif dari tindakan belajar mengajar guru seperti sudah disepakati bersama, selanjutnya akan dianalisis dalam diskusi balikan sesudah tampilan pembelajaran selesai. Guru dan pengamat akan mempelajari bersama hasil observasi, menyepakati hasil pengamatan yang berbentuk kekurangan atau keberhasilan untuk dijadikan catatan lapangan, dan mendiskusikan langkah-langkah berikutnya.
Hubungan antara guru yang melaksanakan pembelajaran dan pengamat atau observer harus dalam iklim saling percaya dan saling membantu, dan bukan yang satu merasa terancam oleh yang lain. Jangan lupa bahwa focus penelitian adalah untuk memperbaiki pembelajaran di kelas, dan mendukung strategi atau teknik-teknik belajar mengajar, bukan untuk mengkritik pola perilaku guru yang kurang berhasil. Keberhasilan penelitian tergantung dari pengumpulan dan penggunaan data yang dihasilkan dari pengamatan yang objektif, dan bukan dari keputusan yang tidak mendasar dan menghakimi. Dari hasil pengamatan inilah guru dapat mengambil kesimpulan mengenai cara mengajarnya, dan berdasarkan data ini dapat disusun hipotesis untuk keperluan selanjutnya. Setiap siklus pengamatan merupakan bagian dari proses yang akan membangun siklus selanjutnya. Baik guru dan observer, keduanya sedang terlibat dalam proses pengembangan professional yang akan menghasilkan peningkatan dalam mengajar dan dalam keterampilan untuk mengamati atau observasi.
Sumber : Rochiati Wiriaatmadja. 2009.Metode penelitian Tindakan kelas.Bandung:PT Remaja
Rosdakarya
Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang.
-
there are no comments yet