Article Detail

Teknik Pembelajaran menulis Laporan dan Berita

  1. 1.       Menulis Laporan

Tujuan teknik pembelajaran menulis laporan adalah agar siswa dapat menulis laporan yang mereka lakukan melalui pengamatan, pengalaman, mapun hasil bacaan. Siswa menuliskan laporan tentang yang mereka lakukan dalam sebuah aktivitas. Alat yang dibutuhkan adalah kertas kerja atau buku siswa. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.

Cara menerapkan:

(1)    Guru memberikan pengantar singkat tentang teknik pembelajaran menulis laporan

(2)    Guru membagi kelompok berdasarkan objek yang akan diamati oleh siswa, misalnya mengamati tumbuhan, tempat parker, kantor, pabrik, sungai dan sebagainya

(3)    Guru memberikan satu topic untuk satu kelompok

(4)    Guru menyuruh siswa untuk keluar kelas selama 20 menit

(5)    Siswa membuat laporan dari hasil pengamatan, pengalaman, atau hasil bacaan

(6)    Di dalam kelas, tiap kelompok melaporkan di depan kelas

(7)    Kelompok lain mengomentari jurnal yang ditulis oleh siswa

(8)    Guru merefleksikan proses kegiatan hari ini

Upayakan kegiatan menulis laporan ini dirancang dengan tepat agar siswa senang, tertarik, dan menantang. Waktu pengamatan dapat diatur dalam waktu singkat maupun panjang bergantung pada bentuk laporan yang akan dibuat. Kegiatan ini dapat pula berupa jurnal harian yang dibuat siswa berdasarkan aktivitas mereka sehari-hari di luar kelas.

 

  1. 2.       Menulis Berita

Tujuan teknik pembelajaran menulis berita adalah agar siswa dapat menulis berita melalui pengamatan, pengalaman, wawancara maupun hasil bacaan. Siswa menuliskan berita tentang yang mereka lakukan dalam sebuah aktivitas berdasarkan prinsip-prinsip sebuah berita (5w+1H). Alat yang dibutuhkan adalah kertas kerja atau buku siswa. Kegiatan ini dapat dilaksanakan perseorangan maupun kelompok

Cara menerapkan:

(1)    Guru memberikan gambaran pengantar singkat tentang teknik pembelajaran berita

(2)    Guru membagi kelompok berdasarkan objek yang yang akan diamati oleh siswa, misalnya mengamati sungai, kebun, kantor, pabrik, pasar, mewawancarai orang penting, dan sebagainya.

(3)    Guru memberikan satu topik untuk satu kelompok

(4)    Guru menyuruh siswa untuk keluar kelas selama 20 menit

(5)    Siswa membuat berita dari hasil pengamatan, pengalaman, wawancara atau hasil bacaan

(6)    Setiap kelompok melaporkan di depan kelas

(7)    Kelompok lain mengomentari berita yang ditulis oleh siswa

(8)    Guru merefleksi proses kegiatan hari ini

Ada beberapa cara untuk teknik membuat berita, pertama suruhlah siswa membuat tulisan yang diawali kata tempat, nama orang, nama kegiatan, waktu, dan kejadian. Cara kedua ambillah 3 sampai 4 berita yang sama dari berbagai surat kabar. Suruhlah siswa membuat satu berita yang bersumber dari beberapa berita yang dibacanya. Ketiga, pilihlah gambar yang menarik (dapat diambil dari Koran atau majalah). Suruhlah siswa membuat berita berdasarkan gambar.

Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment