Article Detail

Teknik Pembelajaran Inovatif Menulis

Teknik pembelajaran menulis dari gambar bertujuan agar siswa dapat menulis dengan cepat berdasarkan gambar yang dilihat. Misalnya, guru menunjukkan gambar kebakaran yang melanda sebuah rumah. Dari gambar tersebut siswa dapat membuat tulisan secara runtut dan logis berdasarkan gambar. Alat yang dibutuhkan adalah gambar-gambar yang bervariasi sesuai dengan tema pembelajaran. Teknik ini dapat dijalankan secara individu maupun secara kelompok.

Cara menerapkan:

(1)    Guru menyampaikan pengantar

(2)    Guru menempelkan beberapa gambar di papan tulis

(3)    Setelah siswa melihat gambar tersebut, siswa mulai mengidentifikasi gambar, dari identifikasi itu siswa membuat tulisan secara runtut dan logis

(4)    Guru bertanya kepada siswa tentang alasan tulisan yang dibuatnya.

(5)    Guru merefleksikan pembelajaran tersebut.

Upayakan gambar yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran yang dipelajari pada minggu itu. Guru dapat memilih gambar yang cocok dengan karakter siswa. Gambar yang telah digunakan siswa dapat ditarik kembali untuk bahan pembelajaran berikutnya.

 

  1. Menulis Objek Langsung

Teknik pembelajaran menulis objek langsung bertujuan agar siswa dapat menulis dengan cepat berdasarkan objek yang dilihat. Guru menunjukkan objek kepada siswa di depan kelas, misalnya boneka, vas bunga, mobil-mobilan, dan lain-lain. Dari objek tersebut siswa dapat membuat tulisan secara runtut dan logis berdasarkan objek yang dilihatnya. Alat yang dibutuhkan adalah objek-objek yang bervariasi sesuai dengan tema pembelajaran. Teknik ini dapat dijalankan secara perseorangan maupun secara kelompok.

Cara Menerapkan:

(1)    Guru menyampaikan pengantar

(2)    Guru memejang beberapa objek di depan kelas

(3)    Setelah melihat objek tersebut, siswa mulai mengidentifikasi objek

(4)    Siswa membuat tulisan secara runtut dan logis

(5)    Guru bertanya kepada siswa tentang alasan tulisan yang dibuatnya

(6)    Guru merefleksikan pembelajaran tersebut

Upayakan objek yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran yang dipelajari pada minggu ini. Guru dapat memilih objek yang cocok dengan karakteristik kelas. Objek yang telah digunakan siswa dapat ditarik kembali untuk bahan pembelajaran berikutnya.

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment