Article Detail

Observasi Terfokus dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Apabila penelitian ingin memfokuskan permasalahan kepada upaya-upaya guru dalam membangkitkan semangat belajar siswa dengan memberikan respons kepada pertanyaan guru, maka sebaiknya dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang memfokuskan kepada meningkatkan kualitas bertanya. Seringkali guru juga mengalami kesulitan dalam memberikan pujian (reward) ataupun hukuman (punishment) kepada siswa, dan guru seringkali tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya mengingat ada kaitannya dengan adat istiadat atau budaya siswa yang berasal dari kelompok etnik yang berbeda. Langkah berikut dalam format teknik bertanya mungkin akan memberikan bantuan (Hopkins, dengan modifikasi 1993:96-97):

  1. Bentuk pertanyaan

1)      Akademik: Faktual. Jawabam yang dicari spesifik, benar.

Akademik: opini, singkat

2)      Non akademik: pertanyaan pribadi, prosedur, disiplin

  1. Bentuk jawaban

1)      Untuk pertanyaan pemikiran, siswa membuat kesimpulan atau elaborasi

2)      Untuk pertanyaan factual, siswa mengingat kembali (hafalan)

3)      Untuk pertanyaan pilihan, siswa menjawab pertanyaan ya atau tidak

  1. Seleksi siswa

1)      Sebut nama siswa sebelum bertanya

2)      Meminta sukarelawan

3)      Meminta bukan sukarelawan (sesudah pertanyaan diajukan)

  1. Berhenti sejenak

1)      Berhenti sejenak sebelum member pertanyaan

2)      Lupa berhenti sejenak

3)      Guru menyebut nama siswa sebelum bertanya

  1. Cara bertanya

1)      Pertanyaan diajukan sebagai simulasi atau tantangan

2)      Pertanyaan diajukan secara factual/biasa saja

3)      Pertanyaan bersifat tes atau ancaman

 

 

Ada hal lain yang perlu anda perhatikan dalam meningkatkan strategi bertanya guru, antara lain membuat kelas menjadi demokratis dengan membagikan pertanyaan kepada sebanyak mungkin siswa secara merata, terutama untuk memberikan dorongan dan dukungan kepada siswa yang cenderung diam apabila tidak ditanya, seperti misalany:

Hal-hal yang patut diperhatikan

1)      Apakah guru mengulang pertanyaan sebelum memanggil nama siswa

2)      Menanyakan  dua pertanyaan sekaligus

3)      Apakah pertanyaan merupakan bagian dari pertanyaan lainnya, atau acak saja, atau tidak berhubungan

4)      Apakah siswa mengajukan pertanyaan

5)      Adakah interaksi antar siswa

6)      Apakah pertanyaan diajukan serentak kepada banyak siswa

7)      Apakah siswa diminta mengevaluasi jawabannya sendiri/jawaban peserta lain.

 

 

Sumber : Rochiati Wiriaatmadja. 2009.Metode penelitian Tindakan kelas.Bandung:PT Remaja

   Rosdakarya

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

 

 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment