Article Detail
Observasi Terfokus dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Apabila penelitian ingin memfokuskan permasalahan kepada upaya-upaya guru dalam membangkitkan semangat belajar siswa dengan memberikan respons kepada pertanyaan guru, maka sebaiknya dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang memfokuskan kepada meningkatkan kualitas bertanya. Seringkali guru juga mengalami kesulitan dalam memberikan pujian (reward) ataupun hukuman (punishment) kepada siswa, dan guru seringkali tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya mengingat ada kaitannya dengan adat istiadat atau budaya siswa yang berasal dari kelompok etnik yang berbeda. Langkah berikut dalam format teknik bertanya mungkin akan memberikan bantuan (Hopkins, dengan modifikasi 1993:96-97):
1) Akademik: Faktual. Jawabam yang dicari spesifik, benar. Akademik: opini, singkat 2) Non akademik: pertanyaan pribadi, prosedur, disiplin
1) Untuk pertanyaan pemikiran, siswa membuat kesimpulan atau elaborasi 2) Untuk pertanyaan factual, siswa mengingat kembali (hafalan) 3) Untuk pertanyaan pilihan, siswa menjawab pertanyaan ya atau tidak
1) Sebut nama siswa sebelum bertanya 2) Meminta sukarelawan 3) Meminta bukan sukarelawan (sesudah pertanyaan diajukan)
1) Berhenti sejenak sebelum member pertanyaan 2) Lupa berhenti sejenak 3) Guru menyebut nama siswa sebelum bertanya
1) Pertanyaan diajukan sebagai simulasi atau tantangan 2) Pertanyaan diajukan secara factual/biasa saja 3) Pertanyaan bersifat tes atau ancaman
|
Ada hal lain yang perlu anda perhatikan dalam meningkatkan strategi bertanya guru, antara lain membuat kelas menjadi demokratis dengan membagikan pertanyaan kepada sebanyak mungkin siswa secara merata, terutama untuk memberikan dorongan dan dukungan kepada siswa yang cenderung diam apabila tidak ditanya, seperti misalany:
|
Sumber : Rochiati Wiriaatmadja. 2009.Metode penelitian Tindakan kelas.Bandung:PT Remaja
Rosdakarya
Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang
-
there are no comments yet