Article Detail
Mengidentifikasi Permasalahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai fokus Penelitian Tindakan kelas (PTK). Apabila guru sudah berhasil merumuskan masalah apa sebenarnya yang dapat dijadikan focus dalam Penelitian Tindakan kelas, untuk meyakinkan guru bahwa sudah mengidentifikasi focus permasalahan yang bias dijadikan bahan penelitian kelas, cobalah ajukan beberapa pertanyaan sebagai bahan pengembangan:
- Apakah dengan focus tersebut guru dapat memperbaikinya?
- Apakah orang lain juga merasakan hal yang kurang beres itu?
- Apakah guru merasa kebingungan dengan apa yang ditemukan?
- Apakah guru semakin terdorong untuk mencari solusi untuk permasalahan ini?
Apakah jawaban-jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas telah meyakinkan bahwa ada permasalahan yang perlu ditangani maka masalah yang ditemukan adalah masalah pembelajaran yang benar-benar dialami di kelas, dan bukan masalah yang diminta oleh Kepala Sekolah untuk diteliti, atau siapa pun juga yang menyarankan untuk diujicobakan di kelas.
Namun apabila masih merasakan keraguan apakah benar telah menemukan focus permasalahan untuk diteliti, guru dapat berdiskusi dengan rekan sejawat sesame guru, atau meminta pertolongan pihak lain yang dikenal dan mengetahui model penelitian ini, atau lakukanlah dengan menggali wacana tentang Penelitian Tindakan Kelas yakni membaca sendiri buku-buku tentang hal itu.
Ada beberapa hal yang patut diperhatikan, bahwa untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas sebaiknya dilakukan semacam feasibility study terlebih dahulu, seperti:
- Apakah guru bersedia dan mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ini dalam peran sebagai peneliti/mitra peneliti?
- Apakah kegiatan ini tidak merepotkan atau menyita waktu guru?
- Apakah siswa di kelas sudah dipersiapkan untuk kegiatan ini dan mereka siap dan bersedia untuk membantu/berpartisipasi dalam kegiatan penelitian ini?
- Apakah suasana kelas/iklim sekolah kondusif untuk pelaksanaan Penelitian Tindakan kelas?
- Apakah sarana kelas/sekolah cukup tersedeia untuk kebutuhan penelitian?
Sumber (Rochiati Wiriatmaja. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak Magelag
-
there are no comments yet