Article Detail

Beberapa Teknik Pembelajaran Menulis Puisi

Beberapa Teknik Pembelajaran Menulis Puisi

 

1.       Menulis Puisi Berdasarkan Objek Langsung

Tujuan:

Siswa dapat menulis puisi dengan cepat dan tepat berdasarkan objek yang dilihatnya secara langsung. Siswa menulis puisi berdasarkan objek langsung yang dilihatnya. Siswa diajak ke luar kelas untuk melihat objek yang mereka senangi kemudian menuliskannya ke dalam puisi.

Alat yang diperlukan

Lembar folio kosong atau buku kerja, bermacam-macam objek sesuai tema.

Kegiatan dilakukan secara perseorangan

Cara menerapkan:

(1)    Guru memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan hari ini

(2)    Guru mengajak siswa untuk jalan-jalan keluar kelas dan melihat-lihat lingkungan sekitarnya

(3)    Guru memberikan tugas siswa untuk membuat puisi berdasarkan objek yang dilihatnya dengan tema yang dipilihnya

(4)    Siswa mengidentifikasi objek dan menuangkan imajinasinya ke dalam puisi berdasarkan pengamatan terhadap objek

(5)    Guru dan siswa kembali ke kelas, siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas

(6)    Siswa lain memberikan tanggapan tentang penampilan temannya

(7)    Guru merefleksikan hasil pembelajaran hari ini

 

2.       Menulis Puisi Berdasarkan Gambar

Tujuan:

Siswa dapat membuat puisi dengan cepat dan benar berdasarkan gambar yang dilihatnya. Siswa melihat gambar yang diberikan oleh guru. Dari melihat itu, siswa menulis puisi.

Alat yang diperlukan:

Bermacam-macam gambar atau poster

Kegiatan dilakukan secara perorangan

Cara menerapkan:

(1)    Guru memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan hari itu

(2)    Siswa menerima gambar dari guru

(3)    Siswa mengidentifikasikan gambar tersebut

(4)    Siswa menulis puisi berdasarkan hasil identifikasi yang dibuatnya

(5)    Siswa lain memberikan komentar dan penilaian tentang isi puisi itu

(6)    Guru merefleksikan hasil pembelajaran hari itu.

 

3.       Menulis Pusi Berdasarkan Cerita

Tujuan:

Siswa dapat membuat puisi dengan cepat berdasarkan cerita yang dibacanya. Siswa membaca cerita dalam waktu yang telah ditentukan. Setelah itu siswa disuruh menulis puisi atas dasar cerita yang mereka baca.

Alat yang diperlukan:

Bermacam-macam judul buku cerita, lembar folio kosong atau buku kerja.

Kegiatan dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok

Cara menerapkan:

(1)    Guru memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan hari itu,

(2)    Guru membagi siswa dalam kelompok

(3)    Guru membagikan cerita

(4)    Siswa membaca cerita secara kelompok

(5)    Siswa membuat puisi sesuai ide cerita

(6)    Siswa membacakan puisinya di depan kelompok/ kelas

(7)    Siswa memberikan komentar tentang isi dari puisi itu

(8)    Siswa lain memberikan penilaian tentang penampilan temannya

(9)    Guru merefleksikan hasil pembelajaran hari ini.

 

Sumber Bacaan

Suyatno. 2004.Teknik pembelajarn Bahasa dan sastra. Surabaya: Penerbit SIC.

 

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment